Monday 10 September 2012

Budi daya dan Analisis Usaha Ikan Cupang (Bag. 2)


Budi daya dan Analisis Usaha Ikan Cupang (Bag. 2)



Masih mengenai ikan cupang , jika pada artikel sebelumnya kita telah bahas mengenai bagaimana peluang usaha serta beberapa teknik budidaya ikan cupang seperti penyediaan kolam hingga pemberian pakan ikan, berikut akan kita ulas teknik selanjutnya dari pemilihan indukan hingga proses pemanenan serta analisi usaha ikan cupang. Simak lebih lanjut !

TEKNIK BUDI DAYA IKAN CUPANG

D. Penyeleksian induk

Salah satu faktor yang menentukan kualitas ikan yang dipelihara adalah bibit yang digunakan. Sedangkan bibit tergantung dari kualitas indukannya. Ikan cupang memiliki beragam jenis, mulai dari cupang aduan hingga cupang hias. Jenis-jenis cupang dihasilkan dari perkawinan silang antara jenis cupang yang satu dengan jenis cupang yang lainnya. Oleh karena itu, sebelum melakukan proses pemijahan, diperlukan seleksi induk agar menghasilkan jenis cupang yang berkualitas.


Adapun jenis-jenis cupang yang sudah dikenal adalah cupang plakat, cupang crown tail, cupang halfmoon, dan cupang double tail. Dengan menyeleksi induk yang tepat, proses pemijahan dapat berlangsung dengan baik. Artinya, induk betina tidak akan terlalu cedera karena dalam proses pemijahan biasanya induk jantan sering menghantam induk betina. Jika induk betina belum slap kawin maka akan berakibat kematian karena induk betina akan selalu dihajar induk jantan. Sebaliknya, jika induk jantan belum siap kawin, namun induk betina sudah siap kawin maka induk jantan tetap menghajar terus induk betina karena menganggap musuhnya. Oleh karena itu, perlu adanya keterampilan khusus dalam menyeleksi induk yang akan dipijahkan.

Sebagai tambahan informasi perbedaan antara induk jantan dan induk betina ikan cupang adalah sebagai berikut:

JANTAN

BETINA
Ÿ Tubuhnya langsing.
Ÿ Gerakannya lincah
Ÿ Ekornya panjang dan akar mekar indah    jika didekatkan dengan cupang lain.
Ÿ Warna tubuhnya menarik

Ÿ Tubuhnya gempal
Ÿ Pergerakannya lamban
Ÿ Ada titik putih di bawah perutnya
Ÿ Warnanya agak kusam/kurang menarik


E. Proses Pemijahan


Pada budi daya Ikan cupang, tahap pemijahan ikan jenis ini memiliki cara yang berbeda dengan proses pemijahan ikan air tawar lainnya karena ikan cupang memiliki sifat yang suka bertarung terhadap sesama ikan cupang, antara sesama jantan atau antara induk jantan dengan induk betina. Oleh karena itu, diperlukan adanya strategi yang tepat agar induk betina tidak mengalami cidera yang serius dalam proses pemijahan.

Pemijahan dilakukan dilakukan di kolam pemijahan, dapat menggunakan akuarium sedang atau ember kecil. Strategi dalam pemijahan ikan cupang adalah masukan ikan jantan ke dalam kolam pemijahan (akuarium sedang atau ember kecil), kemudian secara terpuisah masukkan betina ke dalam botol bekas selai atau toples kecil. Setelah kedua induk tersebut ditempatkan terpisah, kemudian masukkan botol selai yang bersi induk betina ke dalam kolam pemijahan yang berisis induk jantan. Tempatkan botol selai yang berisi induk betina tersebut dengan posisi tengah-tengah kolam pemijahan yang berisi induk jantan dan biarkan selama 2 hari. Hal tersebut dimaksudkan agar induk jantan saling mengenal dengan induk betina yang berada di dalam botol selai tersebut dan ketika dicampurkan, induk jantan sudah tidak agresif menyerang induk betina.

Setelah 2 hari dan induk jantan telah membuat busa di sudut kolam, barulah induk betina dimasukkan ke dalam kolam pemijahan yang berisi induk jantan tersebut. Tutup kolam pemijahan dan tunggu hingga 2-3 hari. Sebaiknya setiap hari selalu dilihat apakah busa yang dibuat induk jantan tersebut sudah berisi telur atau belum. Untuk dapat melihat dengan jelas apakah busa sudah berisi telur atau belum, dapat diterawang menggunakan lampu senter. Busa tersebut berupa butiran kecil berwarna putih kekuning-kuningan.

Jika sudah tampak telur cupang maka segera pindahkan induk betina ke dalam kolam pematangan gonad karena jika tidak maka induk betina akan memakan telurnya dan induk betina pun akan terus dihajar oleh induk jantan. Setelah itu, biarkan induk jantan yang mengurusi telur tersebut hingga menetas. Telur akan menetas 2-3 hari setelah telur dibuahi. Setelah menetas, barulah induk jantan dipindahkan ke kolam pematangan gonad dan benih cupang dipindahkan ke dalam kolam pembesaran. Pada umur 1,5 sebaiknya benih cupang ditempatkan di kolam pematangan gonad karena pada umur tersebut ikan cupang sudah mulai agresif untuk saling bertarung.

F. Tahap Pemanenan

Tahapan yag paling ditunggu oleh pengusaha adalah tahap pemanenan. Untuk Ikan cupang mulai dapat dipanen setelah berumur sekitar 2-3 bulan karena pada umur tersebut ikan cupang sudah mulai tampak keindahannya.

PEMASARAN

Sesuai dengan jenis ikan cupang sebagai ikan hias maka pemasarannya pun berbeda dengan ikan konsumsi. Ikan cupang biasanya dipasarkan di kios-kios ikan hias. Penggemar ikan cupang tidak hanya di dalam negeri, tetapi sudah mendunia sehingga ikan cupang dapat dipasarkan di internet.

Trik lain yang dapat diterapkan untuk meningkatkan nilai jual ikan cupang yang Anda budidayakan , usahakan urtuk selalu mengikuti kontes cupang dan bergabunglah menjadi anggota komunies penggemar ikan cupang karena dengan cara tersebut maka potensi pemasarari ik.an cupang menjadi efektif.

ANALISIS USAHA

Analisis usaha budi daya ikan cupang dengan membeli 8 pasang indukan cupang hias, antara lain:

Biaya investasi



1
Indukan cupang 8 pasang @ Rp 200.000
Rp

1.600.000

2
Akuarium

Rp

280.000

3
Botol bekas air mineral 1 liter 1.600 20 x 20 x 25 cm’ 8 buah @ Rp 35.000buah @ Rp 500

Rp

800.000

4
Pembuatan kolam semen 1 m3 8 buah@ Rp 120.000

Rp

3.640.000


Total

Rp



Biaya operasional



1
Pakan: Pupuk kandang 1 karung

Rp

9.000

2
Biaya obat/lain-lain

Rp

100.000


Total

Rp

109.000

3
Jumlah modal awal

Rp

3.749.000

4
Panen dalam 2 bulan menghasilkan:




Benih berkualitas (8×50) @ Rp 9.000

Rp

3.600.000


Benih sisa (8×100) @ Rp 3.500

Rp

2.800.000


Pendapatan

Rp

6.400.000


Pengeluaran

Rp

3.749.000

Keuntungan

Rp

2.651.000


BEP = 2 x panen




Demikian tadi di atas , bagaimana peluang usaha budi daya, teknik budi daya hingga pemanenan dan pemasaran ikan cupang . Jika Anda penggemar ikan mengapa tidak memulai hobi Anda tersebut untuk sesuatu yang menghasilkan? Selamat mencoba !

No comments:

Post a Comment